Selasa, 27 Agustus 2013

Cara Menggunakan Mobil Matic Tips | Flushing Enggine Flush Matic Toyota Honda Mitsubishi Ford Chevrolet Bmw 2022 dan kuras oli matic

Kuras Oli Transmisi Matic


Berikut adalah cara menguras oli matic anda
Cara pertama ini dilakukan biasanya bersamaan dengan pekerjaan lain dimana menuntut Gearbox di turunkan atau memang ada masalah pada gearbox matic itu sendiri.
Dengan cara ini oli yang masih tersisa di torque converter dan juga pompa oli serta pada bagian lainnya bisa dikeluarkan serta kotoran atau sludge yang tertinggal di dalam nya juga bisa sekaligus di bersihkan.
Namun cara pertama ini memerlukan biaya yang cukup besar, walau hasilnya akan jauh lebih baik dari cara lainnya.
Cara Kedua
Cara kedua ini paling sering dilakukan dalam maintenance penggantian oli transmisi matic, dan dilakukan biasanya setiap 40k km (tergantung specifikasi pabrikan)
Caranya:
1.        Siapkan oli ATF pengganti sebanyak kurang lebih 10 liter (tergantung Spec)
2.        Siapkan packing Cover valve body (CVB)
3.        Buka drain plug (baut penguras) di cover valve body (CVB)
4.        Buang oli ATF yang lama, tentunya menggunakan tempat agar tidak kotor dan berantakan kemana-mana dan biarkan hingga habis
5.        Tutup kembali drain plug
6.        Isi kembali oli ATF baru kedalam gearbox matic (biasanya pengisian dengan cara ini akan memakan oli +/- 4 literan (lihat spec kendaraan masing masing)
7.        Start engine, kemudian tekan rem pindah pindahkan tuas mulai dari “P” hingga balik lagi ke “P” paling tidak 5 kali, Untuk lebih yakin sebaiknya jalankan kendaraan kurah lebih 15 menitan (bisa
berputar-putar komplek)
8.       Matikan mesin, kemudian buka lagi drain plug, untuk mengeluarkan oli yang baru diisi tadi, ini gunanya untuk menguras oli yang masih berada di pompa dan juga di Torque converter serta oli yang masih bercokol di Valve body.
9.        Jika ingin mengirit, bisa saja urutan #5 hingga #8 tidak dilakukan.
             Buka CVB dengan melepaskan semua baut pengikat CVB, kemudian bersihkan CVB beserta Magnet        yang  biasanya berada pada dasar CVB dan letakan kembali sesuai aslinya setelah di bersihkan.

10.        lepaskan Filter oli matic dan bersihkan menggunakan minyak tanah dan bersihkan dengan batuan angin bertekanan dari kompressor, hingga geram-geram metal yang menempel bersih. Jika diperlukan gantilah filter ini.
11.        Bersihkan semua bagian luar valve bodi dengan lap bersih, karena biasanya sludge oli banyak menempel disana.
12.        Pasang kembali filter dan CVB, serta jangan lupa ganti packing CVB.
13.        Setelah selesai, tutup kembali drain plug dan isi kembali oli (hati-hati jangan sampai oli ATF yang dimasukan melebihi yang di tentukan)
14.        Hidupkan mesin dan lakukan hal seperti #7, cek apakah ada kebocoran pada packing CVB.
15.        Selesai sudah pekerjaan kuras oli matic ini dan gantilah oli setiap 25k km atau sesuai spec dari pabrikan).

Sabtu, 17 Agustus 2013

Cara ngeDrifting

cara ngedrift untuk para pemula

Aq coba sedikit jelasin tentang teori teknik2 drift, mohon bagi yang lebih tau tentang drift bisa menambahkan klo ad yang salah...

1. HANDBRAKE DRIFT difficulty level : LOW
Teknik pake rem tangan ga' susah, kaya' di film FFTD "just use your hand brake" khe2. Biasanya orang yang pake' teknik ini, pedal handbrake mobil standart diganti, biar kalo ditarik ga' ngunci. Caranya injek kopling, belokin stir, tarik handbrake saat deselerasi bwat ngilangin traksi roda blakang dari jalan, kalo bokong mobil dah ngerasa nggeser lepas handbrake, lepas kopling+injek en atur gas but jangan lupa bwat counter steer biar seimbang en ga' spin. Kekurangan dari handbrake drift biasanya speed langsung drop.

2. POWER OVER DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Intinya mobil yang dipake harus punya torsi yang gede biar traksi roda blakang bisa pecah. Saat belok, tinggal injek pedal gas dalem2. kalo mang mobilnya kuat, pasti ngeslide. Nah klo udah ngeslide tinggal atur gas ama counter steer aj.

3. KANSEI DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Kata lainnya accel off drift, saat lagi kenceng2nya mobil belok tiba2 mengangkat kaki dari pedal gas. Hal itu bikin distribusi bobot mobil pindah kedepan dan otomatis bikin bokong mobil nggeser, saat itu kembali ijek+atur gas en counter steer biar seimbang en ga' spin. sebenernya ini teknik dasar banget biar drifter bisa ngerasa'in gimana cara ngendali'in mobil, gimana cara memindahkan beban en biasanya dilakuin di tikungan yang ga' begitu tajem.

4. BRAKING DRIFT difficulty level : MEDIUM
Kalo udah biasa kansai, drifter biasanya beralih ke braking drift. Saat belok selain dekelerasi, dengan nginjek pedal ram dalem2 distribusi bobot pindah kedepan otomatis traksi ban blakang ilang, tinggal atur gas ama couter steer. Biasanya braking drift dipake' kalo belokan aga' tajem.

5. FEINT DRIFT difficulty level : MEDIUM
Nah, ini njelasinnya aga' repot, feint biasanya teknik yang dipake para perelly. Feint drift kaya' efek pendulum, jadi bawa mobil kearah berlawanan dari tikungan, trus tiba2 balik ke arah tikungan. Kalo dibayangin, kaya' mbuang bokong mobil biar ngeslide. Sisanya tinggal atur gas ama counter steer.

6. CLUTCH KICK difficulty level : MEDIUM HIGH
Teknik ini digunakan untuk memicu drift tanpa mengurangi kecepatan. Caranya saat belok injak kopling sambil full throttle en revving mesin, baru lepas kopling. Proses harus dilakukan sekedip mata agar mesin ga' over-rev. Yup! teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil, terutama kopling. teknik ini dipakai harus dengan penggantian kopling kompetisi.

7. SHIFT LOCK DRIFT difficulty level : MEDIUM HIGH
Hampir sama ama cluth kick, hanya bedanya drifter memindah gigi lebih rendah untuk menurunkan rpm lalu lepas kopling untuk melambatkan roda blakang agar oversteer. Sama ama cluth kick, teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil. Untuk shift lock yang rawan jebol gearboxnya.

8. MANJI DRIFT difficulty level : HIGH
Wuh! ini dia teknik ekstreem drift. Manji sendiri diambil dari simbol religius yang dikenal sebagai "reverse swastika", karena mobil bagaikan pena diatas aspal. Dijalan lurus bagian blakang mobil dibuat bergoyang2 ke kanan dan kekiri, oversteer perlahan dari sisi ke sisi yang lain dengan perpaduan pengaturan gas+counter steering. teknik ini meninggalkan jejak zigzag di aspal sebelum akhirnya masuk ke tikungan.

Buat drifter profesional, teknik2 yang ada mereka kombinasi'in. Kaya' MANJI+FEINT+CLUTH KICK, ato HANDBRAKE+SHIFT LOCK, dan laen2 sesuai kebutuhan speed en tikungan yang mao diambil.