Selasa, 29 September 2015

Wiring avansa Scematic Ecu Diagram Ecu | Racing Modifikasi

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan mobil tentu saja sebagai pedoman untuk menganalisa pekerjaan adalah kita memiliki wiring diagram.
Mobil avanza ac blower,compresor ac, power window dan lampu sein nya semua nya gak kerja kira-kira apa nya yang bermasalah?
Kalau dilihat dari wiring diagram, akan terlihat jelas keempat komponen mobil Avanza tersebut yaitu power window, ac mobil, Lampu sein dan sistem blower ac dikontrol atau dikendalikan oleh satu sekring yaitu sekring IG1/Back untuk menggerakan relay IG, relay Blower dan relay MGC atau Relay Magnetic Clutch. Lokasi sekring IG1/Back berada di samping tuas membuka kap mesin.
Jika keempat bagian tersebut tidak bekerja atau tidak berfungsi secara bersamaan, besar kemungkinansekring IG1/Back putus atau longgar.
relay dan sekring mobil avanza xenia
Gambar diatas adalah gambar posisi relay dan sekring pada mobil avanza xenia, seperti terlihat pada gambar berurutan adalah letak relay IG paling atas, dibawahnya adalah letak dan posisi relay Fuel Pump (Pompa Bensin), Relay EFI, Relay Blower dan FOG relay.sekring mobil avanza/xenia dibawah dashboard kananKhusus untuk lampu sein, leting(reting) pada avanza/xenia mati atau tidak nyala periksa sekring hazard dari kemungkinan putus.


Semoga bermanfaat untuk Anda yang menemukan masalah ac mobil mobil avanza tidak bekerja, power window mati, Blower Ac tidak berputar dan Lampu Sein tidak nyala. 

#creatorfacebook #creatoryoutube #2021 #2022 #indonesia

Jumat, 12 Juni 2015

Evo Balap Dragrace 2022 | modifikasi Jual lancer GTi

Lancer GTi.. Speck Drag & Rally best time Drag 201 time 9,2 
jual 110jt  

Speck mobil 
Cams gear RallyArt
Cams Tomei level 1
Per klep Tomei 
Engine Short Block 1 balance
LSD Rallyart 
Final Gear Mits  Dangant  
Kampas kopling EXEDY  level 3
Porting Polish CNC 3agle 
Metal ACL 
Arm belakang full almunium LCA
&  RCA 
Suspensi GAB speck Drag & Rally 
Radiator HKS 
Header inport  merk RACETAG 
GN+ muffler racing 
Interiol full carbon Rapi 
Unicip Q+ 
Remap ECU Zigma Speed 
Lower bar Undercontrol
Kabel busi NGK.  
Filter udara K&N. 
Busi NGK iriway DLL.
 Hub: 081222230857

  Enggine 



  Exterior



  Kaki_kaki

PnP/ menghitung besar port/Lubang In-Out

 Rumus Menghitung Besar Port / Lubang  Hisap Buang In / Ex.

  • Rumus Sederhana

Diameter Port In = 80% x Diameter Klep In

Diameter Port Out = 80-100% x Diameter Klep Out

Rumus diatas merupakan penyederhanaan dari penghitungan yang lebih rumit, karena hasilnya mayoritas kurang lebih seperti itu.

  • Rumus Yang Lebih Kompleks
Port Dia. = sqrt ((Piston Dia.)2 / Gas Speed x Piston Speed)

Untuk mencari hasil yang diinginkan, lebih mudah jika dihitung satu persatu, dintaranya :

Gas Speed =>   V = (L x N)/30.000 x (D/d)2

L = Stroke / Langkah Piston, satuannya mm
N = Engine speed, satuannya rpm
D = diameter silinder, satuannya mm
d = diameter klep, satuannya mm

Piston Speed => Piston Speed = (2 * stroke * N)/60

Piston speed = kecepatan piston, satuannya m/s.
stroke = langkah piston, dalam satuan meter.
N = aran mesin saat peak power, satuannya rpm

  • Contoh                                                                                                                                                         Sebagai contoh, saya akan memasukkan spesifikasi Thunder 125 standar :

Gas Speed = 81,243 m/s (didapat dari artikel sebelumnya)

Piston Speed = 16,26 m/s (didapat dari artikel sebelumnya)

Diameter piston = 57 mm

Untuk penghitungan satuannya musti disamakan dulu, karena yang dihitung adalah diameter porting dengan ukuran milimeter maka satuan gas speed dan piston speed disesuaikan ke satuan milimetre/second.

Gas Speed = 81,243 m/s  = 81.243 mm/s

Piston Speed = 16,26 m/s  = 16.260 mm/s

Diameter piston = 57 mm

Jadi :
Port Dia. = sqrt ((57)2 / 81243 x 16260)

Port Dia. = 25,50011 mm, atau dibulatkan menjadi 25, 5 mm.


Sesuaikah dengan rumus sederhana diatas?

Diameter Port In = 80% x Diameter Klep In

Diameter klep in Thunder 25,5 mm, berarti ukuran posting sama dengan ukuran klep?

Nanti dulu, masih ada rumus sederhana lainnya, yaitu :

Diameter Valve In = 55-57% x Diameter Piston

Jika spesifikasi Thunder dimasukkan kedalam rumus :

Diameter Valve In = 56% x Diameter Piston

Diameter Valve In = 56% x 57 mm = 31,92 mm

Diameter Port In = 80% x 31,92 mm = 25,536 mm, mendekati hasil hitung menggunakan rumus kompleks diatas. ( sumber : 

Minggu, 27 Oktober 2013

injeksi

PERBANDINGAN CAMPURAN UDARA DAN BAHAN BAKAR (AIR FUEL RATIO)

 -Untuk dapat berlangsung pembakaran bahan bakar, maka dibutuhkan oksigen yang diambil dari udara. Udara mengandung 21 sampai 23% oksigen dan kira-kira 78% nitrogen, lainnya sebanyak 1% Argon dan beberapa unsur yang dapat diabaikan. Untuk keperluan pembakaran, oksigen tidak dipisahkan dari unsur lainnya tapi disertakan bersama-sama. Yang ikut bereaksi pada pembakaran hanyalah oksigen, sedangkan unsur lainnya tidak beraksi dan tidak memberikan pengaruh apapun. Nitrogen akan keluar bersama gas sisa pembakaran dalam jumlah dan bentuk yang sama seperti semula.
 -Pembakaran yang terjadi adalah tidak lain dari suatu reaksi kimia yang berlangsung dalam waktu yang amat pendek, dan dari reaksi tersebut dihasilkan sejumlah panas. Karena itu untuk sejumlah tertentu bahan bakar dibutuhkan pula sejumlah oksigen. Perbandingan antara jumlah udara dan bahan bakar tersebut dapat dihitung dengan persamaan reaksi pembakaran.
 -Pada bagian sebelumnya telah disebutkan bahwa perbandingan campuran bensin dan udara yang ideal (campuran bensin udara untuk pembakaran dengan tingkat polusi yang paling rendah) adalah 1 : 14,7 atau dalam ukuran liter dapat disebutkan 1 liter bensin secara ideal harus bercampur dengan 11500 liter udara.

Jumat, 20 September 2013

#cara menghitung CC mobil
   #menghitung kompresi adalah:
VL = volume silinder
VC  = volume ruang bakar

E = Perbandingan kompresi
VL   =  Volume langkah  ……..  cc 
VC  =  Volume kompresi/ruang bakar  ……  cc
#contoh????
-Tentukan volume kompresi sepeda motor Honda Astrea Grand bila diketahui diameter silinder 50 mm dan panjang langkah piston 49,5 mm, perbandingan kompresi 8,8 : 1
Solusi:
 D = 50 mm = 5 cm
 L = 49,5 mm = 4,95 cm 
 E = 8,8
        
jadi, volume kompresi motor tersebut adalah 12,46cc!!

tambahan:
     Perbandingan Kompresi
        Nilai Oktan
6 : 1
81
7 : 1
87
8 : 1
88
9 : 1
90
10 : 1
92
11 : 1
95
12 : 1
98
 #Biar ngga nglitik …
semoga bermanfaat dan bila ada kekurangan/salah... #Menghitung Volume Silinder
Volume silinder atau cylinder capacity adalah volume ruang dari ruang bakar mesin yang dihitung saat piston berada di TMB (titik mati bawah) sampai posisi TMA (titik mati atas). Jadi yang dihitung adalah volume. - pergerakkan piston dari TMB keTMA, atau sebaliknya. Sedangkan volume ruang di atas piston saat di posisi TMA disebut volume ruang bakar atau combustion chamber. Volume ini bukan termasuk volume silinder.
untuk menghitung volume silinder kita perlu tahu dahulu rumusan yang dipakai.
 -Volume silinder biasa disimbolkan dengan VL, dengan satuan cc (centimeter cubic) ada juga yang memakai satuan cf (cubic feet) dan cubic inchi.


Dimana : 
VL : volume silinder (cc ato cm3)
D : diameter silinder atau piston (cm)
L : panjang langkah piston (cm) atau jarak antara TMA ke TMB.
n : jumlah silinder.
Oke, kalau sudah tahu rumus nya, kita bahas masing2 variable...
•0,785 adalah konstanta, sebenarnya didapat dari penyederhanaan rumus    -Karena rumus volume silinder sama dengan rumus volume tabung.
 -•D adalah bore atau diameter dari silinder dalam yang diukur dengan alat bore gauge (atau pake' jangka sorong/ mistar geser jika tak memiliki bore gauge) atau juga diameter piston dengan micro meter.
 -•L adalah stroke atau panjang langkah piston adalah jarak antara TMA sampai TMB. 
 -•n adalah banyak nya silinder. Contoh: mesin CBR 1000cc 4silinder, berarti n=4. Mesin Yamaha Scorpio 225cc 1silinder, n=1.
 -Nah, jika sudah memahami variable rumus diatas, kita coba menghitung volume silinder.
 -Coba lihat data atau spesifikasi teknis mesin yang ada di brosur penjualan motor atau mobil. 
Biasanya tertulis bore x stroke = 50 x 55 mm (Honda Beat satu silinder). 
Maka, rubah satuan mm menjadi cm. 
D = 50 mm= 5 cm, L = 55 mm= 5,5 cm.

Maka, volume silinder 
Dibulatkan jadi 108 cc dibulatkan lagi jadi 110 c

Selasa, 27 Agustus 2013

Cara Menggunakan Mobil Matic Tips | Flushing Enggine Flush Matic Toyota Honda Mitsubishi Ford Chevrolet Bmw 2022 dan kuras oli matic

Kuras Oli Transmisi Matic


Berikut adalah cara menguras oli matic anda
Cara pertama ini dilakukan biasanya bersamaan dengan pekerjaan lain dimana menuntut Gearbox di turunkan atau memang ada masalah pada gearbox matic itu sendiri.
Dengan cara ini oli yang masih tersisa di torque converter dan juga pompa oli serta pada bagian lainnya bisa dikeluarkan serta kotoran atau sludge yang tertinggal di dalam nya juga bisa sekaligus di bersihkan.
Namun cara pertama ini memerlukan biaya yang cukup besar, walau hasilnya akan jauh lebih baik dari cara lainnya.
Cara Kedua
Cara kedua ini paling sering dilakukan dalam maintenance penggantian oli transmisi matic, dan dilakukan biasanya setiap 40k km (tergantung specifikasi pabrikan)
Caranya:
1.        Siapkan oli ATF pengganti sebanyak kurang lebih 10 liter (tergantung Spec)
2.        Siapkan packing Cover valve body (CVB)
3.        Buka drain plug (baut penguras) di cover valve body (CVB)
4.        Buang oli ATF yang lama, tentunya menggunakan tempat agar tidak kotor dan berantakan kemana-mana dan biarkan hingga habis
5.        Tutup kembali drain plug
6.        Isi kembali oli ATF baru kedalam gearbox matic (biasanya pengisian dengan cara ini akan memakan oli +/- 4 literan (lihat spec kendaraan masing masing)
7.        Start engine, kemudian tekan rem pindah pindahkan tuas mulai dari “P” hingga balik lagi ke “P” paling tidak 5 kali, Untuk lebih yakin sebaiknya jalankan kendaraan kurah lebih 15 menitan (bisa
berputar-putar komplek)
8.       Matikan mesin, kemudian buka lagi drain plug, untuk mengeluarkan oli yang baru diisi tadi, ini gunanya untuk menguras oli yang masih berada di pompa dan juga di Torque converter serta oli yang masih bercokol di Valve body.
9.        Jika ingin mengirit, bisa saja urutan #5 hingga #8 tidak dilakukan.
             Buka CVB dengan melepaskan semua baut pengikat CVB, kemudian bersihkan CVB beserta Magnet        yang  biasanya berada pada dasar CVB dan letakan kembali sesuai aslinya setelah di bersihkan.

10.        lepaskan Filter oli matic dan bersihkan menggunakan minyak tanah dan bersihkan dengan batuan angin bertekanan dari kompressor, hingga geram-geram metal yang menempel bersih. Jika diperlukan gantilah filter ini.
11.        Bersihkan semua bagian luar valve bodi dengan lap bersih, karena biasanya sludge oli banyak menempel disana.
12.        Pasang kembali filter dan CVB, serta jangan lupa ganti packing CVB.
13.        Setelah selesai, tutup kembali drain plug dan isi kembali oli (hati-hati jangan sampai oli ATF yang dimasukan melebihi yang di tentukan)
14.        Hidupkan mesin dan lakukan hal seperti #7, cek apakah ada kebocoran pada packing CVB.
15.        Selesai sudah pekerjaan kuras oli matic ini dan gantilah oli setiap 25k km atau sesuai spec dari pabrikan).